Jumat, 04 September 2015

Membuat target / bisnis goal usaha baju branded

Target adalah tujuan kita dalam menjalankan bisnis,tanpa tujuan ibarat kita melakukan perjalanan tanpa arah,menentukan target sangat penting dalam menjalankan bisnis,dengan target kita bisa membuat peta atau arah jalan mana yang lebih mudah kita tempuh untuk mencapai tujuan,sepakat target atau goal bisnis penting ya teman.angka yang admin cantumkan hanya sebagai ilustrasi,kamu bisa utak atik sendiri target angka yang mau kamu setting.
Disini admin mencoba memberikan contoh  schema target / goal bisnis berikut dibawah kolom ini :

TARGET FINANCIAL ( Output )


Revenue / Omzet / bulan : 50.000.000 ( 100 % )

Hpp : 35.000.000 ( 70% )

Gross Profit : 15.000.000 ( 30% )

Fix Cost / biaya : 5.000.000 (10%)

Nett Profit / bulan : 10.000.000 ( 20 % )
Notes : OK! Sampai disni clear ya teman,kita set-up target penjualan Rp 50.000.000 perbulan,dengan asumsi Hpp/modal pembelian Rp 35.000.000 mendapatkan laba kotor Rp 15.000.000, dipotong biaya operational Rp 5000.000, menghasilkan laba bersih 10.000.000 per bulan.
eits!!jangan seneng dulu dengan angka-angka tersebut,angka-angka di atas hanyalah output atau hasil,jangan lupa ada pemicu yang menyebabkan angka-angka tadi bisa tercapai,lihat kolom di bawah

CUSTOMERS ( Input dan Proses )


Revenue / Omzet / bulan : 50.000.000

Rata-rata pembelian Rp / Customer/ bulan : 250.000 (50%)  ( Di asumsikan rata-rata jumlah pembelian per customer sama dengan belanja 2 pcs baju )

Potensi budget  belanja Rp / Customers/ bulan : 500.000 (100%) ( Di asumsikan potensi kemampuan belanja customer setiap bulannya  alokasi belanja baju baru 10 % dari penghasilan customer 5 juta per bulan 250.000 belanja baju ke kita sisanya belanja ke kompetitor )

#Konversi Customers yang aktiv  : 100 customers (10%)  ( Di asumsikan jumlah customer lama  yang belanja di bulan sekarang )

Customer yang existing / aktiv :1000 (100%)  ( Di asumsikan jumlah customer lama  yang pernah belanja di kamu atau pelanggan )

#Konversi prospek/customers baru yang belanja  :100 (10%) ( Di asumsikan jumlah customer baru  yang belanja produk mu  )

#Konversi marketing / pemasaran/promosi :1000 (10%) ( Di asumsikan jumlah followers atau Shoper marketplace yang baru tertarik akan produk-produk mu )

Suspect / target market :10.000  (100 %) ( Di asumsikan jumlah followers instagram / facebook / data teman Wa /LiNE / BBM mu)

Notes : Ok! kita coba uraikan biar lebih mudah di pahami ya…
Untuk menghasilkan revenue / omzet 50.000.000 per bulan di butuhkan rata-rata setiap customer belanja 250.000/ bulan.dibutuhkan 100 customer lama/pelanggan yang belanja kembali setiap bulannya.dibutuhkan cadangan “maintance “pelanggan/ customers lama 1000 orang.di butuhkan 100 customer baru,di butuhkan calon customers/leads/prospek 1000 orang.dan dibutuhkan target market / suspect 10.000 orang.

Ada (3) variable pemicu yang bisa meningkatkan omset ,bisa kamu tingkatkan ketiga-tiganya atau salah satu.Lihat contoh simulasi

Schema -1
Rp 250.000  x ( 100  cust baru + 100 pelanggan ) = Rp 50.000.000

Schema -2
Rp 275.000  x ( 100  cust baru + 100 pelanggan ) = Rp 55.000.000

Schema -3
Rp 275.000  x ( 120  cust baru + 120 pelanggan ) = Rp 66.000.000

Ok teman mudah-mudahan artikel ini bermanfaat,setidaknya dengan simulasi target bisnis / bisnis goal ini,bisnismu bisa mempunyai peta sebagai petunjuk arah untuk mencapai tujuan yang kamu inginkan.
Salam sukses selalu..
Admin Indostock Apparel.

whatsapp 0855-9120-0418

Selamat datang di la9una.com distributor supplier baju branded tangan pertama

Selamat datang di la9una.com Mau mulai bisnis fashion tapi belum dapat supplier ?….Masih bingung produk fashion apa yang cocok...